Air Terjun Banyunibo, Sisi lain Gunung Api Purba


Air terjun banyunibo,Sri gethuk,banyu nibo waterfall

Air Terjun Banyunibo, Sisi lain Gunung Api Purba. Gunungkidul tidak lah lepas dari kata Bali kedua dari Indonesia. Tau gak kenapa saya bisa bilang kaya gitu ?. Karena keindahan alam yang ada di kabupaten gunungkidul ini sangat banyak dan setara di sandingkan dengan provinsi bali. Kecamatan patuk selain terkenal dengan batik amarylis dan Gunung Api Purba langgeran, terdapat pula satu air terjun yang tak kalah indah. Namanya Air Terjun Banyunibo.

                   Akhir-akhir ini Gunungkidul (GunungKidul) sedang menjadi buah bibir. Kabupaten yang terkenal dengan kering dan tandus ternyata menyimpan banyak potensi. Tempat yang mulanya hanya di abaikan kini menjadi tujuan para pelancong. Itu semua tidak terlepas dari adanya Gua Pindul, Pantai dan tempat wisata lainnya.

                 Salah satu wisata air terjun yang tidak kalah menarik dibandingkan Air Terjun Sri Gethuk, adalah Air Terjun Banyunibo. Memang namanya sama dengan Air Terjun yang ada di Kecamatan semin, akan tetapi ini berada di kecamatan patuk. Air terjun Banyu nibo ini berlokasi di Dusun Batur, Desa Putat, Patuk, Gunungkidul. Asal-usul penamaan air terjun ini sangat simpel, berasal dari 2 kata dalam bahasa Jawa yaitu banyu yang berarti air dan nibo yang artinya jatuh.
                 Jalan setapak yang diciptakan warga sekitar akan menghantarkan kita untuk sampai ke spot air terjun ini dengan mudah. Pemandangan persawahan akan kelihatan ketika kita hampir sampai. Dari kejauhan air terjun ini tidak kelihatan menonjol karena terhalang oleh batu-batu besar. Berdasarkan penuturan warga sekitar batu-batu besar tersebut merupakan tebing dari air terjun Banyunibo yang runtuh akibat gempa bumi 2006 silam.

                 Selain tempatnya yang eksotik dan menawan, Air yang mengalir dari Air  Terjun Banyunibo ini sangat bening dan segar , sebab bersumber dari mata air Gunung Api purba.

Bagi yang tak tahu berikut merupakan rute menuju Air Terjun Banyunibo :

Kalian susuri saja jalan wonosari, sebelum masuk ke rest area atau hutan wanagama ada pertigaan. Tepat nya di pertigaan sambi. Di pertigaan itu silahkan kalian ambil kiri menuju Nglipar, nah nanti kalian akan menemukan pertigaan kedua ambil kiri menuju Gunung Api Purba.Nanti kita akan menemukan Desa Wisata Kerajinan Topeng Batik Dusun Bobung. Disana ada Gapura, yang  nampak di sebelah kanan jalan. Ikuti aja jalan itu terus naik, nanti ada petunjuk kecil di kiri jalan, atau tanya saja penduduk sekitar situ. Selain  dari rute tersebut, bagi yang tau Gunung Api Purba, dari jalan di parkiran itu ikuti terus aja, nanti akan ketemu juga gapura Desa Wisata Bobung itu di kiri jalan. Nanti kita akan masuk gang di kiri jalan (ke barat) dan kita dapat menitipkan sepeda motor kita di rumah penduduk, dari sana kita harus  jalan kaki kurang lebih 500m lah ke bawah menuju air terjun.
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular

Labels