Bunga Amarylis Kembali Mekar di Patuk

bunga amarylis,bunga amarilis,bunga amarilis puspa patuk,pantailangkap.blogspot.com
Bunga Amarylis, Siapa sih yang gak kenal sama bunga yang indah ini. Bunga Amarylis yang dulu sempat viral di media sosial.Viral karena kecantikan nya. Amarylis puspa patuk atau orang sekitar memanggilnya dengan julukan kembang  brambang brocot bulan ini mulai menampilkan keindahannya lagi. Tanpa rasa malu - malu mulai menampakkan keindahan nya yang dulu sempat memudar. Memudar karena ketidak perdulian pengunjung terhadapmu.

                     Taman Bunga Amarillis  Puspa Patuk ialah sebuah kebun pribadi milik keluarga Bapak Sukadi dan Ibu Wartini yang berlokasi di Desa Salam, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Taman ini berisi bunga dengan jenis Amaryllis Hippeastrum atau warga sekitar menyebutnya dengan nama bunga Brambang Brocot dan banyak juga yang mengetahui dengan nama Bunga Desember dengan warna dominan orange. Dinamakan Bunga Desember karena biasanya bunga ini mekar nya di bulan november hingga awal desember. Bunga Amarilis ini kini mulai menghiasi di pekarangan bapak sukadi.
                      Taman bunga Puspa Patuk (PusPat) ini mempunyai luas sekitar 2 hektar yang dirintis dengan modal pribadi, mulanya bunga amarilis ini hanya tumbuh liar di desanya, tetapi karena  memang bungannya yang cantik Pak Sukadi mempunyai inisiatif untk membudidayakannya dan memasarkan benihnya, terbukti bunga ini lumayan laris dan banyak masyarakat dari luar kota yang mampir ke rumahnya untuk membeli benih bunga brambang brocot ini.
                     Pemikiran kreatif dari Pak Sukadi tidak hanya sampai disitu, selain memasarkan benih, Pak Sukadi juga mempunyai kemauan untuk mengenalkan bunga ini ke khalayak ramai, dan membanggakan desanya bahwa taman bunga yang cantik tak cuma ada di Belanda saja, melainkan di desa Beji Gunungkidul juga terdapat taman bunga yang dapat dibanggakan Indonesia. Taman bunga Amaryllis miliknya ini resmi dibuka untuk umum pada tanggal 16 November 2015 dan langsung ramai diserbu oleh Wisatawan lokal yang biasanya berusia remaja. Mulai dari usia sekolah ataupun mahasiswa. Mereka nampak gembira dan mengabadikan momen nya dengan berfoto.
                      Bunga di kebun Puspa Patuk ini mekar setahun sekali, jadi pastikan anda harus mengetahui kapan jadwal mekar nya bungan Amarylis ini, sebelum berkunjung ke taman ini. Bunga yang termasuk dalam kelompok Hippeastrum Amaryllidaceae ini, umumnya mekar saat menjelang musim penghujan sekitar akhir bulan November sampai Desember permulaan. Tetapi banyak unsur yang mempengarui waktu mekarnya bunga ini, seperti curah hujan dan sistem perawatan. Anda dapat bertanya terlebih dahulu terhadap pengelola setempat sebelum berkunjung ke taman bunga Puspa Patuk Amarilis ini.
Jalan Masuk ke Lokasi
Lokasi taman bunga Puspa Patuk berlokasi di desa Beli, Kecamatan Patuk, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 27 km arah selatan dari Kota Jogja. Kalau anda menggunakan Google Map, anda  dapat mengambil  tujuan ke arah Polsek Patuk, taman ini berada sekitar 1 km ke arah selatan dari Polsek Patuk. Kebun bunga Amarilis ini berada satu satunya di desa Beji. Letak nya pun berada di kanan jalan kalau dari arah kota Jogja.
Fasilitas dan Harga Karcis
Fasilitas dan harga karcis masuk di taman bunga Amarilis Puspa Patuk masih terjangkau, pengelola masih mematok harga karcis masuk seihklasnya, tarif parkir sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan beroda empat dan motor. Fasilitas pendukung lainnya memang masih ala kadarnya, sebab ini taman masih tergolong dalam taman yang baru.
amarylis,amarilis,bunga amarilis,bunga amarylis,bunga amarylis di patuk,bunga marilis patuk,bunga amarilis gunungkidul
Bunga amarilis
Bagi anda yang berkeinginan datang kesana sebaiknya menjaga tata tertib, khususnya saat masuk ke taman mohon jangan memetik apalagi menginjak bunga, sebab akan merusak keindahan taman yang sebaiknya kita jaga bersama agar terus dapat kita nikmati keindahannya.
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular

Labels