Pantai Mbirit, Hidden Paradise Gunungkidul

pantai mbirit, pantai mbirit gunungkidul, pantai mbirit gunung kidul,Pemandangan Pantai Mbirit,pantai ngluen,pantai butuh,pantai ngedan,pantai langkap,pantai butuh gunungkidul,gunungkidul

Pantai Mbirit - Pantai Mbirit merupakan  pantai yang dikategorikan sebagai pantai kecil dan tersembunyi di kabupaten Gunungkidul. Pantai Mbirit sangat cocok untuk menyendiri, menghilangkan penat dan kebisingan di ibu kota. Pantai Mbirit mulai dikenal setelah dilaksanakan pengembangan wisata Pantai Butuh yang terdapat disebelah baratnya. Pantai Mbirit memiliki ciri khas pantai kecil yang dikelilingi dua buah tebing karang.

Pantai Mbirit terletak di Desa bedalo, desa Krambilsawit, kecamatan Saptosari, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Lokasi Pantai Mbirit berada di kecamatan Saptosari atau sebelah barat daya dari kota Wonosari. Bila ditarik garis pantai, pantai ini berada sebelah barat Pantai Ngluen dan di sebelah  timur Pantai Butuh. Rute termudah mengarah ke pantai ini dengan menggunakan papan penunjuk arah mengarah ke Pantai Ngeden yang terdapat disebelah barat Pantai Ngobaran. Setelah melalui pemukiman warga terakhir dan melalui jalan bercor semen, akan mendapati sebuah pertigaan jalan dimana ke arah kiri mengarah  ke Pantai Ngeden dan ke arah kanan mengarah ke Pantai Butuh. Pilihlah jalan ke kanan mengarah ke Pantai Butuh sampai dilokasi parkir pantai yang disediakan oleh warga setempat. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak di sebelah timur area parkir Pantai Butuh sampai tiba di Pantai Mbirit. Waktu tempuh dengan kaki dari pantai Butuh kurang lebih 15 menit dengan melalui atau mengelilingi perbukitan.
Selain Bisa ditempuh dari pantai butuh, pantai mbirit ini juga bisa di tempuh dari pantai ngeden/ngedan. Namun rute ini relatif lebih panjang dan lebih beresiko dari pada kita berjalan dari pantai butuh. Karena perjalanan di lakukan menyusuri tebing dari pantai ngedan , kemudian ke pantai ngluen baru naik lagi ke pantai mbirit.
pantai mbirit, pantai mbirit gunungkidul, pantai mbirit gunung kidul,Pemandangan Pantai Mbirit,pantai ngluen,pantai butuh,pantai ngedan,pantai langkap,pantai butuh gunungkidul,,gunungkidul


Pemandangan Pantai Mbirit Gunungkidul

Pantai Mbirit mempunyai pantai utama sebagai pantai mini atau pantai kecil yang dijepit oleh dua buah bukit karang. Bentuk pantai ini memiliki kesamaan dengan pantai mini di Gunungkidul seperti Pantai Wohkudu dan Pantai ngluen yang masih dalam satu kecamatan yang sama. Namun pantai ini mempunyai ukuran pantai yang lebih kecil diantara keduanya. Hal ini membuat  sebagian orang menyembut bahwa  pantai ini sebagai surga tersebunyi di Gunungkidul yang jarang orang mengetahuinya. Hanya saja entah sampai kapan sebutan nama itu akan bertahan , sampai akhirnya pantai ini ramai dikunjungi dan dibuatkan akses kendaraan hingga sampai ke area pantai.

pantai mbirit, pantai mbirit gunungkidul, pantai mbirit gunung kidul,Pemandangan Pantai Mbirit,pantai ngluen,pantai butuh,pantai ngedan,pantai langkap,pantai butuh gunungkidul,,gunungkidul

pantai mbirit, pantai mbirit gunungkidul, pantai mbirit gunung kidul,Pemandangan Pantai Mbirit,pantai ngluen,pantai butuh,pantai ngedan,pantai langkap,pantai butuh gunungkidul,,gunungkidul


Tebing Karang Pantai Mbirit Gunungkidul

Seperti pantai yang terdapat disekitarnya, Pantai Mbirit Gunungkidul pun diselimuti oleh pasir pantai yang berwarna putih. Hanya saja pemandangan pasir putih pantai ini tidak tampak polos sebab ada sejumlah bongkahan batu karang. Beberapa bongkahan batu karang yang terdapat berukuran cukup besar dengan diameter 1 sampai 2 meter dan beberapa berhimpit dengan tepi pantai. Tebing karang di kedua sisi pantai tampak tergerus oleh ombak pantai dan dibeberapa bagian terdapat sejumlah lubang seperti goa. Namun setelah dianalisis lubang itu tidak dalam hanya sekitar 1-2 meter saja dari celah karang.

Ombak Pantai Mbirit Gunungkidul

Ombak Pantai Mbirit nyaris sama seperti ombak pantai  yang terdapat didekatnya dengan cirikhas ombak pantai laut selatan Jawa. Bila situasi air laut sedang pasang, ombak pantai bakal  naik kepermukaan mendekati jajaran batu-batu karang yang menjadi penahan hempasan ombak. Sedangkan saat surut bakal mundur ke arah lautan mendekati jurang laut yang dalam di ambang dasar pantai yang berbentuk karang. Pengunjung dilarang bermain air di area pantai mbirit ini sebab cukup riskan dan tidak terdapat celah untuk mengamankan diri.

baca juga : 107 Wisata Pantai di Gunungkidul

Pencahayaan Pantai Mbirit

Pencahayaan Pantai Mbirit pada pagi hari dan senja hari tampak gelap sebab sinar matahari terhalang oleh tebing karang tinggi yang mengapit area ini. Kondisi ini menciptakan pantai ini tidak cukup atau tidak sesuai digunakan sebagai tempat melihat terbit nya matahari  (sunrise) atau tenggelamnya matahari  (sunrise). Pengunjung tidak boleh kecewa sebab ada masa-masa yang tepat untuk merasakan keindahan pantai ini pada siang hari dimana sinar matahari bakal menyinari seluruh area pantai dari tebing sisi timur sampai tebing sisi barat. Bila masih tidak cukup puas dengan pantai ini dapat mengarah ke pantai yang berbeda yang terdapat disebelah timurnya yakni Pantai Ngluen.

Saran dari saya bilamana ingin bermalam disana  atau camping di pantai ini usahakan membawa bekal makanan dan minuman ya, sebab disini belum ada fasilitas apapun pun.  Medan mengarah ke Pantai ini sangat menghabiskan tenaga sehingga yang paling di perlukan adalah perbekalan.(untuk yang lewat rute trek dari pantai ngedan)

Share:

No comments:

Post a Comment

Popular

Labels