Goa Pindul dan Sejarah Berdirinya

goapindul,goa pindul,cave tubing ,wisata goa pindul,asal - usul goa pindul


Goa Pindul adalah salah satu tujuan wisata di kabupaten gunungkidul, Tujuan wisata yang saat ini sedang booming karena keindahan stalaktit dan stalakmit nya. Goa dengan sejuta keindahan di dalam nya. Goa yang Keindahan nya bisa di nikmati dengan menaiki ban. Karena Goa pindul ini dibawah nya terdapat sungai yang mengalir cukup tenang ketika dimusim kemarau. Didalam Goa Pindul ini terdapat spot yang sangat indah (nama spot nya Cahaya dari langit ).

            Goa Pindul berlokasi di desa Bejiharjo kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Tepatnya di dusun Gelaran 2. Desa Bejiharjo berpenduduk kurang lebih 16.000 orang dan salah satu desa yang memiliki penduduk terpadat di kecamatan Karangmojo, Gunungkidul. Mata pencaharian penduduk di desa Bejiharjo merupakan 70% petani sawah tadah hujan, sisanya menjadi pedagang, PNS dan pengrajin.
            Objek wisata Goa Pindul berada di kawasan desa Bejiharjo yang memiliki luas  2200,94 ha dan terdapat kurang lebih  20% hutan negara dari keseluruhan luas areanya. Masih di wilayah Goa Pindul terdapat perkebunan kayu putih yang masih produktif dan terdapat Situs purbakala dan di tetapkan pemerintah sebagai cagar budaya yang semestinya di jaga kelestariannya.
            Berdasarkan penelitian Goa Pindul terbentuk beratus tahun lamanya. Terbentuk nya pun dari proses yang alami.  Demikian juga stalaktit dan stalakmit yang berada di dalamnya telah berusia sangat tua. Hingga saat ini masih terjadi penyusunan stalaktit dan stalakmit ini masih aktif meneteskan air. Sebagian  stalaktit konon merupakan stalaktit terbesar ke empat di dunia, sehingga menambah keunikan tersendiri bagi objek wisata goa pindul itu sendiri.
            Berbeda dengan goa goa yang banyak terdapat di pegunungan batuan karst lainnya, di dalam Goa Pindul mengalir sungai bawah tanah yang tak pernah kering. Oleh karena itu juga aliran sungai bawah tanah di Goa Pindul di manfaatkan oleh penduduk sekitar untuk mengaliri sawah mereka selama turun temurun. Airnya yang jernih dan pemandangan indah di dalam goa yang eksotis. Dimanfaatkan oleh penduduk sekitar sebagai daerah tujuan wisata di Gunungkidul.
            Goa Pindul di dibuka sebagai objek wisata  pada tahun 2010 dengan diresmikan oleh Bupati kabupaten Gunungkidul. Goa Pindul di kelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar di dukung oleh Dinas kebudayaan dan kepariwisataan setempat, dengan saling bahu membahu mempromosikan sebagai daerah tujuan wisata yang cocok untuk di kunjungi.
            Sampai saat  ini Objek wisata Goa Pindul telah di kunjungi oleh Jutaan wisatawan lokal ataupun manca negara. Eksistensi Goa Pindul sudah mengangkat tingkat perekonomian penduduk di sekitarnya.

Dibawah ini saya sampaikan kutipan tentang sejarah dari Goa Pindul itu sendiri
"Asal Usul Goa Pindul" 
Goa Pindul,
Berasal dari kisah perjalanan Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan yang di utus oleh Panembahan Senopati Mataram,untuk membunuh bayi laki-laki buah cinta Putri Panembahan Senopati. Dalam perjalanannya,kedua Abdi itu sepakat untuk tidak membunuh sang bayi. Keduanya lalu pergi kearah timur yaitu ke (arah Gunungkidul),sementara itu sang bayi terus menangis,kedua utusan itupun memutuskan untuk memandikan sang bayi. Ki Juru Mertani naik ke salah satu bukit dan menginjak tanah di puncak bukit,dengan kesaktiannya tanah yang diinjak pun runtuh dan mengangalah sebuah lubang besar dengan aliran air dibawahnya, kemudian sang bayi dimandikan di dalam goa di lubang tadi.
Saat dimandikan "pipi" sang bayi terbentur (jawa = kebendul)batu yang ada didalamnya. Karena peristiwa tersebut akhirnya goa itu dinamakan Goa Pindul (Pipi Kebendul)"
Foto - Foto Mengenai Goa pindul :

goapindul,goa pindul,objek wisata goa pindul,
Batuan Stalaktit
goa pindul,goapindul,tiket pindul,wisata goapindul
Batuan stalaktit muda goa pindul
goa pindul,goapindul,sejarah goapindul,asal usul goa pindul
cahaya surga pindul
sejarah berdirinya goa pindul,pantailangkap.blogspot.com,goapindul
Zona Gelap goa pindul
wisata pindul,wisata goa pindul,pantailangkap.blogspot.com,sejarah goa pindul
cave tubing ceria




Share:

No comments:

Post a Comment

Popular

Labels